Ciri Benjolan Di Leher Yang Berbahaya

Ciri Benjolan Di Leher Yang Berbahaya .- Timbulnya benjolan di leher merupakan salah satu tanda atau gejala awal dari penyakit kanker kelenjar getah bening salah satunya ialah di leher bagian belakang.

Namun tidak semua benjolan yang timbul pada leher disebabkan oleh penyakit kanker kelenjar getah bening ada beberapa penyebab lainnya sehingga anda tidak perlu khawatir yang berlebih ketika menemukan benjolan di leher.

Akan tetapi anda juga perlu mewaspadainya sebagai penyakit kanker kelenjar getah bening sehingga dampak buruk akibat penyakit tersebut bisa anda hindari.

Maka dari itu penting bagi untuk mengetahui ciri benjolan di leher yang berbahaya akibat kanker kelenjar getah bening.

Ciri Benjolan Di Leher Yang Berbahaya Yang Disebabkan Oleh Kanker

Ciri benjolan di leher yang berbahaya

Kanker kelenjar getah bening mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga anda karena sudah pernah anda dengar sebelumnya.

Mengingat kanker kelenjar getah bening diberitakan menjadi salah satu penyebab meninggalnya salah satu komedian nomer wahid negeri ini dan derita oleh artis lainya sehingga tentunya anda sudah sering mendengarnnya.

Kanker kelenjar getah bening adalah kanker yang tubuh pada kelenjar getah bening yakni organ berbentuk kelenjar bagian terpenting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Biasanya kelenajar tersebut terletak pada bagian dada, bawah ketiak, leher, dan pangkal paha.

Didalam kelenjar tersebut terdapat cairan seperti susu yang mengandung protein lemak dan limfosit yang mengalir keseluruh tubuh melewati pembuluh darah.

Kanker kelenjar getah bening merupakan salah satu jenis penyakit mematikan karena dapat berujung pada kematian bagi penderitanya.

Ada 2 jenis penyakit kanker kelenjar getah bening ini yakni Limfoma Hodgkin’s, dan Limfoma Non Hodgkin’s.

( Baca Juga  : Penyebab Kanker kelenjar Getah Bening )

Dan salah satu ciri atau tanda awal dari timbulnya penyakit kanker kelenjar getah bening adalah timbulnya benjolan di leher, ketiak, dada dan pangkal paha mengingat bagian tubuh tersebut banyak terdapat kelenjar getah bening.

Timbulnya benjolan tersebut disebabkan karena kelenjar getah bening mengalami pembengkakan.Namun yang lebih sering terjadi pada seseorang yang terkena penyakit ini ialah timbulnya benjolan di leher.

Akan tetapi seperti yang sudah kami katakan dari pembukaan diatas bahwa timbulnya benjolan di leher tidak selalu disebabkan oleh kanker .

Nah untuk itu sangat penting bagi anda untuk mengetahui ciri benjolan di leher akibat kanker,sehingga apabila kondisi tersebuta anda temukan atau rasakan anda segera melakukan tindakan pencegah dan pengobatan yang tepat.

Dan berikut ini adalah ciri benjolan di leher yang berbahaya akibat kanker,yakni :

  • Tidak kunjung kempes hingga lebih dari sebulan.
  • Terlihat terus membesar.
  • Terasa mengeras atau tidak bergerak ketika disentuh.
  • Diiringi oleh demam, sesak napas, nyeri dan sulit menelan, penurunan berat badan, peningkatan denyut jantung, suara serak, adanya darah pada air liur, nafsu makan berkurang,sering berkeringat di malam hari,nyeri dan begah pada perut,tubuh tidak bertegnag dan letih serta adanya pada perubahan kulit.

Jika benjolan di leher yang anda alami di ikuti dengan kondisi diatas maka segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan yang serius karena ada kemungkinan benjolan yang timbul pada leher akibat kanker.

Dengan ada segera mungkin melakukan pemeriksaan dan pengobatan maka dampak buruk akibat kondisi diatas dapat dihindari atau dengan kata lain anda bisa terhindari dari ganasnya penyakit kanker kelenjar getah bening.

( Baca Juga : Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Kelenjar Getah Bening )

Metode Pengobatan

1. Terapi radiasi

Terapi radiasi ini biasa disebut juga radioterapi. Radioterapi merupakan metode yang memanfaatkan sinar berkekuatan tinggi, yang berguna untuk membunuh sel kanker dan membantu mengendalikan rasa sakit.

2. Kemoterapi

Kemoterapi adalah pemasukan obat anti kanker ke dalam tubuh. Kemoterapi ini berguna untuk memperkecil daerah penyebaran dari sel kanker.

Banyaknya tindakan kemoterapi yang dilakukan tergantung kondisi dari penderita. Kemoterapi akan dilakukan melalui mulut, melalui pembuluh darah balik, atau di ruang antara sumsum tulang belakang.

Biasanya kemoterapi ini menimbulkan efek samping kebotakan, rasa mual, tidak napsu makan, dan perubahan warna kulit. ( Efek Samping Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening )

3. Transplantasi sel batang

Transplantasi sel batang membantu untuk membentuk darah, agar memungkinkan pasien untuk melakukan kemoterapi atau terapi radiasi dalam dosis yang tinggi.

Kemoterapi dengan dosis tinggi akan menghancurkan sel-sel kanker dan sel darah normal pada sumsum tulang belakang.

Pasien akan mendapatkan suplai sel-sel induk yang sehat dari tabung fleksibel yang di pasang pada pembuluh darah balik besar di daerah leher dan dada.

4. Terapi Biologi

Terapi biologi ini dilakukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk dapat melawan sel kanker. Antibodi yang diberikan adalah antibodi monoklonal.

Antibodi monoklonal ini adalah sebuah protein yang mengikat dirinya pada sel kanker untuk membantu sistem kekebalan tubuh membasmi sel kanker tersebut.

Selain keempat diatas ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk pengobatan kanker kelenjar getah bening yang bisa dipilih yakni dengan konsumsi obat herbal kanker kelenjar getah bening,yang tentunya lebih aman dilakukan karena karena terbuat dari 100% bahan alami serta biaya terjangkau.

Demikianlah informasi tentang ciri benjolan di leher yang berbahaya ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda.

Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini dan jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.

You may also like...

35 Responses

  1. sesil says:

    terimakish infonya min, jika saya tidak merasa badna panas dan tidak mengalami penurunan berat badan apakah saya juga terserang kelenjar getah bening, mohon infonya

  2. dini says:

    4 hari ini ada benjolan di leher bagian kiri, tp blm kunjung kempes. Rasanya pegal dan agak demam. Apa itu termasuk kanker kelenjar getah bening juga?

  3. kinan says:

    Aq punya benjolan d leher ada tiga benjolan trus 4 hari kemudian benjolan it datang lgy trus semnjak itu klo saya kecapean saya sering demam bdan saya pegel pegel bangett ap smua it trmasuk… Tolong d jawab

  4. danu says:

    Sy ada benjolan kecil di leher bagian blakang, rasanya keras tp tdk sakit, sdh bbrp tahun tidak kempes, bentuknya lebih spt jerawat kalau di pncet agak keras keluar spt lemak putih pd jerawat tp dg bau yg tdk sedap. Dulu masih sekecil jerawat tp skrg agak besar sdikit (sebesar biji jagung) stelah itu tdk prnah membesar lg ,ukuran jd konstan tdk brbh. Tidak ada gejala lain yg menggangu, selain warna kulit pd benjolan agak menghitam. Itu kira kira kenapa ya

    • admin says:

      dilihat dari gejala yang anda rasakan seperti ” dipncet keluar spt lemak putih pd jerawat tp dg bau yg tdk sedap ” kemungkinan itu kista ateroma, itu tidak terlalu berbahaya namun sebaiknya diobat.

  5. Ayu says:

    Saya punya benjolan di sblah kanan sudah lama sekali. Tapi tidak terasa sakit juga tidak membesar .. itu jenis penyakit berbahaya ga ya?? Cara ngilangin nya gmna apakah ada obat”an tradisional ??

    • admin says:

      sebaiknya anda melakukan pemeriksaan mbak ayu, namun jika tidak terasa sakit dan membesar itu bersifat jinak sehingga tidak begitu berbahaya namun sebaiknya diobat dan obat-obatan herbal bisa jadi solusi.

  6. nadia says:

    Saya mempunyai benjolan dileher sebelah kiri sudah bertahun tahun awalnya satu tapi sekarang ada 7 , dan makin membesar , saya merasa diri saya lemes aja , sekarang mulai tumbuh lagi dan membesar dileher bagian depan. Kira kira saya sakit apa ya dok

  7. Saya ada benjolan. Di belakang leher dekat telinga terus udah membesar dan pecah, setelah pecah setelah beberapa bulan timbul benjolan benjolan kecil di sekitar leher. Itu penyakit apa yah ?

  8. ridwan says:

    kalo saya benjolan di bawah rahang pipi..benjolan itu dri tulang rahang besar satu..itu ciri” penyakit apa dok..mksih

    • admin says:

      kemungkinan itu pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi disekitar rahang, namun untuk mendapatkan kepastian tentang penyebabnya kami sarankan anda untuk melakukan pemeriksaan.

  9. Susanti says:

    Saya ad benjolan dibawah rahang gigi sdah bertahun2 kanan dan kiri td membesar dan mengecil tetap sebesar kacang klo dipegang bergeser dan klo dipencet sakit tdk pengatuh apa2, sy pernah priksa ke dr sp bedah diksh obat tp gk mengecil suruh biopsi tp saya takut, sy srg demam hampir sebulan sekali radang tenggorokan krn amandel jd kt dr itu krn amandelnya, tp baru2 ini agak nyeri klo dipegang apakah sy perlu priksa

    • admin says:

      iya mbak sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter, mengingat ada banyak penyebab yang bisa menimbulkan benjolan di sekitar leher

  10. yani says:

    Saya punya benjolan di leher kiri,,tepat nya bawah rahang.sebesar kelereng klo di raba.
    Di bawah kulit,,kalo di pegang bergerak gerak.tidak sakit,dan tdk mmbesar.
    Itu jenis apa ya mba.apa hrs oprasi?klo sya periksa hrs ke dkter spesialis apa?
    Mksh

  11. Tari Sungkar says:

    Duh Aqu jg takut nih soalnya aq jg ada benjolan di leher sebelah kiri udah 3 hari sih klaw di pegang keras pisan kira2 knp ya??

  12. fitri says:

    Saya ada benjolan di sebelah kanan dan sakit baru 2 hari ini .. itu bahaya gak dok

  13. dwi says:

    Saya mempunyai benjolan kecil.dulu waktu kecil benjolannya bisa bergeser tapi sekarang kaku sudah gak bisa bergeser.tapi selama bertahun-tahun tidak mengeluhkan apa-apa.Apakah itu berbahaya

    • admin says:

      selamat benjolan tidak terus membesar dan menimbulkan sakit maka tidak terlalu berbahaya, namun sebaiknya segera di periksa mengingat benjolan tidak bisa digerakan, terima kasih

  14. Adi Tandirerung says:

    Mau tanya saya ada benjolan di leher belakang, itu d sebabkan oleh apa ya?

    • admin says:

      ada banyak penyebab yang bisa menimbulkan benjolan di leher, namun umumnya benjolan timbul disebabkan oleh kelenjar getah bening yang membengkak, sebaik anda segera memeriksakan diri kepada dokter.

  15. ari anggara says:

    Maaf mbak,, leher mama saya membengkak,, tapi tidak kelihatan, tapi kalau di raba terasa mbak, tru perut akir2 sring skit mbak,, mhin pnjelasan, a yaa mbak. Mkasi yaa

    • admin says:

      ada banyak hal yang bisa menyebabkan leher bengkak, namun secara umum penyebab dari leher membengkak adalah karena kelejar yang bengkak akibat infeksi diarea sekitar leher.

  16. nita says:

    Min udah 3 hari di leher ku ada benjolan udah 3 hari juga aku sakit gigi, benjolan nya ada didalam kulit kalo di pegang bisa gerak gerak itu bahaya apa engga ya min

  17. saskia laila fasha says:

    saya ada benjolan di leher udah ada 2 tahun tp sempat saya periksakan itu tumor syaraf,benjolanya semakin membesar,sesak nafas,badan terasa lemas,pusing,demam,

  18. Dian fra says:

    Maaf saya mau tanya,saya mempunyai benjolan kecil di leher bagian belakang atas selama 5 hari,tidak membesar,dan kadang merasa pegal,kira kira kenapa ya ? terima kasih

    • admin says:

      ada banyak penyebab yang bisa menimbulkan benjolan di leher, untuk mendapatkan kepastian tentang penyebabnya sebaiknya anda segera hubungi dokter ahli bedah,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *