Banyak orang yang bertanya apa bahaya penyakit kelenjar getah bening ? mungkin salah satunya anda, itulah sebabnya mengapa anda berada di halaman sederhana ini.

bahaya penyakit kelenjar getah beningKelenjar getah bening merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh manusia karena memiliki fungsi melawan berbagai jenis bakteri dan virus penyebab infeksi dalam tubuh.

Seseorang dinyatakan menderita penyakit kelenjar getah bening ketika kelenjar getah bening mengalami pembengkakan yang ditandai dengan munculnya benjolan pada area tubuh yang terdapat banyak kelenjar getah bening seperti : kepala, leher, ketiak, dan paha.

Namun timbulnya benjolan di leher merupakan tanda atau ciri penyakit kelenjar getah bening yang umumnya terjadi.

Bahaya penyakit kelenjar getah bening tergantung kepada apa yang menjadi penyebab dari membengkaknya kelenjar getah bening. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kelenjar getah bening membengkak, yakni :

  • infeksi lokal – infeksi pada organ di sekitar lokasi kelenjar getah bening, contohnya infeksi pada telinga, hidung dan tenggorokan pada pembengkakan kelenjar di leher
  • infeksi lain – seperti infeksi tuberkulosis maupun virus HIV
  • penyakit autoimun – seperti lupus dan rheumatoid arthritis
  • kanker – baik kanker kelenjar getah bening maupun penyebaran kanker dari tempat lain

Pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh infeksi lokal maka biasanya akan hilang dan sembuh dengan sendiri seiring berhentinya infeksi yang terjadi sehingga bisa dikatakan tidaklah berbahaya.

Namun jika terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening karena kanker maka ini yang berbahaya karena dapat mengancam jiwa sehingga diperlukan penanganan dan pengobatan yang serius.

Salah satu indikasi penyakit kelenjar getah bening yang disebabkan oleh kanker adalah sebagai berikut :

  • Kelenjar getah bening terasa keras saat ditekan.
  • Kelenjar getah bening membengkak tanpa sebab yang jelas disertai badan yang terasa lemah.
  • Kelenjar getah bening telah membengkak lebih dari dua minggu dan/atau disertai dengan ukuran yang membesar.
  • Anda mengalami demam yang tidak kunjung mereda.
  • Anda selalu berkeringat di malam hari.
  • Anda mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Anda mengalami sakit tenggorokan yang menyebabkan sulit menelan atau bernapas.

Segera temui dokter untuk memeriksakan diri ketika kondisi tersebut anda alami sehingga anda mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Selain itu ada beberapa hal yang dapat anda lakukan sendiri di rumah guna meringankan gejala penyakit kelenjar getah bening yang anda derita yakni :

  1. istirahat yang cukup
  2. kompres dengan menggunakan air yang dibasahi air hangat pada daerah kelenjar yg nyeri
  3. konsumsi pereda rasa nyeri yang dijual bebas di apotek, gunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan
  4. konsumsi obat herbal kelenjar getah bening

Demikianlah informasi tentang bahaya penyakit kelenjar getah bening ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Dan dapat kita simpulkan bahwa seberapa bahaya penyakit kelenjar getah bening yang anda derita tergantung kepada penyebab dari membengkaknya kelenjar getah bening.

Jika disebabkan oleh infeksi lokal maka tidaklah berbahaya, namun jika penyebabnya selain itu maka bisa dikatakan berbahaya sehingga perlu dilakukan penanganan dan pengobatan yang serius.

Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa di share yah !