Operasi merupakan salah satu cara mengobati kelenjar getah bening, dan berikut adalah dampak operasi kelenjar getah bening atau efek samping yang bisa saja dialami oleh pasien kelenjar getah bening yang menjadi operasi, silahkan disimak !

Efek Samping Atau Dampak Operasi Kelenjar Getah Bening

Kanker Kelenjar Getah BeningKelenjar getah bening merupakan salah satu komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh kita, bisa dibilang kelenjar getah bening adalah markas dari sel darah putih dalam tubuh.

Pada saat tubuh mengalami infeksi atau andanya pertumbuhan sel abnormal ( tumor dan kanker ) dalam tubuh maka kelenjar getah bening paling depan dalam melawan infeksi dan tumor atau kanker tersebut yang ditunjukan dengan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening yang ditandai dengan timbulnya benjolan diarea tubuh yang memiliki kelenjar getah bening banyak seperti : leher, ketiak dan selangkangan.

Pada saat seseorang mengalami pembengkakan kelenjar getah bening yang ditandai dengan munculnya benjolan maka mungkin saja dokter akan menganjurkan operasi atau yang dikenal dengan biopsi, hal tersebut bertujuan untuk mencari tahu penyebabnya sekaligus menghilangkan benjolan.

Dan yang namanya operasi maka sudah pasti akan menimbulkan resiko terjadinya infeksi, perdarahan atau nyeri termasuk operasi kelenjar getah bening.

Efek Samping Atau Dampak Operasi Kelenjar Getah Bening

Apabila saat ini anda dianjurkan untuk operasi oleh dokter dan mempunyai pikiran apa saja dampak operasi kelenjar getah bening ? maka jawabannya infeksi, perdarahan atau nyeri merupakan hal yang harus siap-siap anda hadapi.

Untuk itu tidaklah heran jika seseorang yang telah mejalani operasi kelenjar getah bening mengalami beberapa keluhan berupa : demam tinggi, kaku dan nyeri serta bengkak pada bekas atau luka operasi.

Keluhan tersebut merupakan hal biasa atau wajar dialami oleh pasien pasca operasi kelenjar getah bening. Namun pada kasus yang jarang terjadi operasi kelenjar getah juga bisa menimbulkan efek samping yang tidak terduga akibat kesalahan dokter ( malpraktek ).

dampak operasi kelenjar getah bening
Salah satu contoh malpraktek dokter

Kapan Harus Kedokter ?

Jika anda mengalami demam yang tinggi pasca operasi kelenjar getah bening yang diikuti dengan kondisi kemerahan, nyeri dan bengkak atau luka tampak basah dengan mengeluarkan cairan kehijauan dan berbau di sekitar tempat operasi, maka segera temui dokter yang mengoperasi anda.

Hal tersebut menunjukan bahwa anda mengalami infeksi pada luka bekas operasi.

Kondisi tersebut perlu segera diketahui oleh Dokter Bedah yang bersangkutan dan ditangani dengan cepat untuk mencegah abses (pernanahan). Mungkin juga diperlukan pemeriksaan darah untuk menunjang diagnosis

Selain memeriksakan diri kepada dokter yang bersangkutan, maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sendiri dirumah untuk mengobati dan meringankan gejala hal tersebut, yakni :

  • Minum obat pereda panas seperti parasetamol
  • Ganti perban tutup luka setidaknya sehari sekali
  • Cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah mengganti perban
  • Konsumsi obat herbal kanker kelenjar getah bening

Demikianlah informasi singkat tentang efek samping atau dampak operasi kelenjar getah bening ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih banyak sudah menyimak dan jangan lupa untuk dishare !